9/30/15

Memilih Provider yang bagus untuk Aktivitas Blogging

Artikel ini mungkin agak sedikit berbeda, namun bukan tindakan yang berbau promosi, karena hal ini juga berpengaruh dalam blogging yang kita lakukan. Diangkat dari pengalaman saya menggunakan provider internet yang kadang lemot kadang kencang. Berikut adalah pembahasannya, silahkan dibaca...


Seperti yang kita ketahui, koneksi internet yang ada di Negara kita ini masih dalam pengembangan, bukan karena negar kita tidak mampu untuk membuat jaringan internet sehebat Amerika, Jepang dan Korea, Namun, kendala yang dihadapi adalah negara kita ini dipisahkan oleh laut, dan terdiri dari pulau-pulau yang sangat jauh (mencapai 2000 Km).

Hal itulah yang membuat koneksi internet di Indonesia tidak kencang, paling tidak seperti negara tetangga, namun jangan khawatir, dalam memilih provider internet yang bagus, diperlukan sebuah trik khusus diantaranya,

1. Tes kecepatan internet didaerah kamu melalui teman
Ini cara atau langkah yang sangat sederhana, coba tanyakan teman yang masing-masing menggunakan provider yang berbeda dalam berinternet ria, misal si A menggunakan Triii, si B menggunakan T3lkoms3l, dan si C menggunakan XLa, sedangkan si D menggunakan kartu cdma yaitu SmartFriend. Coba anda bandingkan, mana yang lebih kencang didaerah anda.

2. Apakah daerah kamu sudah tercover oleh jaringan tersebut ?
Patikan daerah anda sudah memiliki jaringan internet oleh provider. Hal ini mana mungkin ada jika anda berada di hutan (hahaha).

3. Eksperimen sendiri
Langkah ini bisa dilakukan bila anda memiliki uang yang berlebih, gunakan semua provider dan bandingkan. Mana yang menurut anda yang lumayan kencang namun stabil didaerah anda.

4. Pilihan Penulis
Bagi saya cdma sangat bagus dan dapat digunakan didaerah yang dekat dengan kota, namun tidak disarankan bila daerah anda berada didaerah berbukit atau di dataran tinggi yang tertutup gunung yang tinggi. Saya sampai saat ini menggunakan SmartFriend sebagai provider saya dalam aktivitas blogging.

Mungkin itu sajalah cara memilih provider yang bagus untuk Aktifitas blogging, dan semoga bermanfaat.